MENU
LAPOR HOAX

Pantang "Lebar-an" Habis Lebaran, Tips Menjaga Berat Badan Ideal

23 Mei 2022

Pantang "Lebar-an" Habis Lebaran, Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Kabar BUMN -  Pasca Lebaran umumnya banyak orang yang merasa berat badannya naik. Godaan makanan khas Lebaran jadi penyebab kenaikan tersebut. Agar tidak terjadi pada Anda, lakukan tips menjaga berat badan ideal setelah Lebaran berikut.

“Lebar-an” alias kenaikan berat badan menjadi salah satu efek samping pasca Lebaran yang banyak orang keluhkan. Wajar, karena selama Lebaran ada berbagai makanan lezat dan nikmat yang dihidangkan seolah memanggil kita untuk menyantapnya.

Walau begitu, Anda tetap tidak boleh lengah atau kalap memakan semua makanan saat Lebaran. Jika tidak berat badan bisa naik dan membahayakan kesehatan kita, lho!

Terlebih lagi, untuk mengembalikan berat badan ideal perlu effort yang lebih. Meskipun godaan makanan-makanan lezat memanggil, tetap bulatkan tekad untuk mempertahankan berat badan ideal, ya.

Agar upaya menjaga berat badan selama Lebaran bisa berhasil, Anda bisa mencoba tips-tips berikut:

Makan secara perlahan

Agar nafsu makan tidak melonjak saat Lebaran, Anda bisa menyiasatinya dengan makan secara perlahan. Pasalnya, makan dengan cepat membuat tubuh tidak sempat mengirimkan sinyal ke otak jika Anda sudah kenyang. Alhasil Anda akan terus-terusan menambah porsi.

Makan dengan porsi kecil

Dengan wadah yang kecil otomatis Anda akan makan dalam jumlah lebih sedikit. Ketika ingin menambah atau mengambil makanan berulang kali tentu malu, dong? Hal tersebut akan memaksa kita untuk terbiasa makan sedikit.

Perbanyak asupan serat

Mengonsumsi makanan mengandung serat bisa jadi salah satu trik menjaga berat badan ideal selama Lebaran. Sebab, serat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengendalikan nafsu makan. Beberapa serat alami bisa didapat dari: sayur, roti gandum, dan kacang-kacangan.

Perbanyak makan buah

Godaan untuk mencicipi kue-kue manis selama lebaran memang besar. Nah, alternatif untuk mengatasi keinginan ini bisa dengan mengonsumsi buah-buahan. Anda bisa ngemil buah-buah dengan cita rasa manis seperti semangka, apel, jeruk, atau jambu biji.

Cukupi kebutuhan cairan

Minuman manis dan minuman kemasan yang umumnya disediakan saat Lebaran terbukti punya mengandung kalori tinggi. Karena itu, alih-alih minum minuman kemasan tersebut lebih baik Anda memilih air mineral saja, ya. Selain sehat, minum air mineral juga bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga bisa menjaga berat badan ideal.

Jangan lupa olahraga

Selama Lebaran mungkin Anda terlalu sibuk bersilaturahmi sampai tidak sempat olahraga. Sebagai gantinya Anda harus lebih giat olahraga pasca lebaran untuk menjaga berat badan ideal. Agar badan tidak “kaget”, Anda bisa memulai olahraga dari yang intensitasnya rendah terlebih dahulu.

Itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal selama Lebaran. Pastikan konsisten menjalankan tips di atas agar tidak “lebar-an” setelah Lebaran, ya.