MENU
LAPOR HOAX

Tips Memilih Aplikasi untuk Mengelola Keuangan Bisnis

23 Mei 2022

Tips Memilih Aplikasi untuk Mengelola Keuangan Bisnis

Kabar BUMN -  Saat ini ada banyak pilihan aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan mudah. Meskipun begitu, pastikan Anda memilih aplikasi terbaik agar proses pencatatan keuangan berjalan lancar dan tidak ada yang terlewat.

Mengelola keuangan sebuah bisnis harus dilakukan dengan baik, karena dapat memengaruhi kondisi keuangan bisnis yang sedang dijalankan. Daripada harus repot mencatat secara manual di buku kas, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mengelola keuangan bisnis dengan tepat dan cepat.

Adanya aplikasi pengelola keuangan akan memudahkan Anda mengatur arus kas dari bisnis yang dijalankan. Mulai dari memantau berapa banyak uang yang masuk, serta memudahkan pembayaran berbagai pengeluaran seperti gaji karyawan, tagihan, hingga melunasi cicilan tepat waktu.

Meskipun begitu, Anda disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi pengelola keuangan bisnis secara asal. Pilih aplikasi yang tepat dan memiliki fitur pendukung sesuai kebutuhan bisnis yang Anda jalankan.

Berikut tips memilih aplikasi mengelola keuangan agar bisnis berjalan lancar:

Perhatikan kelengkapan fitur

Setiap aplikasi memiliki kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Untuk itu, perhatikan kelengkapan fitur aplikasi yang dipilih agar memudahkan memantau arus kas keuangan bisnis Anda. Usahakan aplikasi keuangan yang dipilih memiliki fitur manajemen utang piutang, fitur purchasing dan budgeting, laporan keuangan lengkap, serta berbagai fitur pendukung lainnya.

Memiliki keamanan yang baik

Aplikasi keuangan bisnis wajib memiliki sistem keamanan yang baik. Hal ini bertujuan untuk mencegah laporan keuangan bisnis Anda bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk memastikan keamanannya, Anda bisa bertanya langsung kepada penyedia jasa aplikasi bagaimana cara mereka melindungi data pengguna. Kemudian, Anda juga bisa membaca beberapa review pengguna lainnya untuk mengetahui ada tidaknya track record perlindungan data yang buruk.

Sistem terintegrasi

Memiliki sistem yang terintegrasi menjadi poin plus dalam memilih aplikasi keuangan bisnis. Karena hal ini memudahkan Anda memantau seluruh arus kas dengan tepat sehingga tidak ada yang terlewat. Misal, Anda bisa memilih aplikasi yang dapat terhubung otomatis dengan mesin kasir di toko. Dengan begitu, seluruh transaksi yang terjadi di kasir dapat otomatis tercatat pada aplikasi keuangan.

Fitur backup data

Tips memilih aplikasi keuangan bisnis berikutnya adalah memiliki fitur backup data. Adanya fitur backup data berfungsi untuk memastikan data yang disimpan dalam kondisi aman, dan tetap bisa diakses apabila terjadi kesalahan pada sistem aplikasi.

Kemudian, pastikan aplikasi keuangan bisnis memiliki fitur impor dan ekspor file. Tujuannya untuk memudahkan Anda menganalisis atau membaca laporan keuangan bisnis yang dijalankan di mana dan kapan saja.

Aplikasi mudah digunakan

Tidak kalah penting, pilih aplikasi yang user friendly, alias mudah digunakan. Hindari aplikasi keuangan bisnis yang terlalu rumit, apalagi jika Anda termasuk pebisnis pemula. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan dalam memantau seluruh arus kas yang berisiko menyebabkan bisnis berantakan.

Itulah beberapa tips memilih aplikasi mengelola keuangan bisnis terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga membantu!