MENU
LAPOR HOAX

Tips UMKM Naik Kelas agar Bisnis Makin Berkualitas

20 Mei 2022

Tips UMKM Naik Kelas agar Bisnis Makin Berkualitas

Kabar BUMN -  Bukan hal mustahil bisnis rumahan bisa naik kelas dan berkembang semakin luas. Sebagai pelaku UMKM, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisnis yang dijalankan semakin berkambang dan dikenal luas oleh seluruh kalangan masyarakat.

Sudah menjadi rahasia umum jika persaingan bisnis semakin ketat dari waktu ke waktu. Itulah mengapa sebagai pelaku UMKM Anda perlu menerapkan beberapa persiapan agar bisnis yang dijalankan tetap bertahan, serta semakin berkembang dan dikenal luas oleh seluruh kalangan masyarakat.

Perlu diingat, mempertahankan bisnis tidak hanya sekadar melakukan promosi atau memberi harga diskon saja. Anda perlu melakukan beberapa strategi, inovasi, serta memanfaatkan media digital untuk mengenalkan produk secara lebih luas.

Bukan hal mustahil, lakukan 5 tips UMKM naik kelas agar bisnis semakin berkembang luas berikut ini:

Tentukan produk yang dijual

Sudah menentukan produk yang dijual adalah hal baik. Namun, akan lebih baik lagi kalau Anda juga menentukan spesialisasi produk yang dijual. Selain menjadi ciri khas dan nilai tambah, memiliki spesialisasi produk juga akan memudahkan calon pembeli mengenali bisnis yang Anda jalankan.

Meningkatkan kualitas produk

Jangan hanya karena ingin menang di lapangan, Anda asal memberikan harga murah tanpa memerhatikan kualitas produk. Pastikan selalu menjaga kualitas produk agar tidak mengecewakan pelanggan.

Produk yang berkualitas akan semakin menarik minat pelanggan, dan mendatangkan lebih banyak konsumen baru. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan akan semakin berkembang dan mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Selalu berinovasi

Tips UMKM naik kelas berikutnya selalu melakukan inovasi. Bukan hal yang patut dianggap remeh, pasalnya berinovasi akan membuka peluang baru dalam berbisnis. Selain itu, terus berinovasi dapat mempertahankan usaha yang Anda jalankan tetap eksis, dan bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Sehingga, dapat mendatangkan lebih banyak konsumen dan keuntungan lebih besar.

Manfaatkan teknologi digital

Apabila selama ini hanya mengandalkan pemasaran offline atau dari mulut ke mulut, kali ini Anda harus masuk ke ranah online dan memanfaatkan teknologi digital. Adanya perkembangan teknologi juga membantu bisnis UMKM untuk semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas.

Misal, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk UMKM secara gratis. Anda juga bisa memamerkan beberapa foto produk dan menawarkan berbagai penawaran menarik di media sosial. Bahkan, tidak ada salahnya merambah ke berbagai marketplace untuk memperluas jangkauan pasar bisnis Anda.

Ikut program BRILianpreneur

Satu lagi tips yang tidak kalah penting agar UMKM Anda semakin berkembang luas adalah mengikuti program BRILianpreneur. Dengan terus mengupayakan “Go Digital”, BRILianpreneur akan mendorong peningkatan daya saing UMKM Indonesia agar bisa menembus pasar internasional. Sangat menarik untuk diikuti, bukan?