MENU
LAPOR HOAX

Strategi Digital Marketing bagi UMKM

19 Mei 2022

Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Kabar BUMN -  Digital marketing jadi salah satu strategi pemasaran yang harus dikuasai, tidak terkecuali bagi para pelaku UMKM. Dalam rangka memasarkan produk ada beberapa strategi digital marketing yang perlu dipahami sebagai berikut.

Pesatnya perkembangan teknologi memaksa semua pihak harus cepat beradaptasi, tidak terkecuali pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Dalam memasarkan produknya, pelaku UMKM mau tidak mau harus melirik strategi digital marketing.

Strategi yang tergolong baru ini sangat bermanfaat bagi UMKM, karena bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Selain itu, digital marketing juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.

Sebagai langkah awal membangun branding di dunia digital, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM.

Memanfaatkan Google My Business

Untuk membangun branding yang baik di internet, Anda bisa memulainya dengan membuat akun di Google My Business. Fitur gratis dari Google ini membantu menampilkan nama serta lokasi bisnis UMKM Anda di laman pencarian Google. Bukan hanya memudahkan pembeli, informasi mengenai toko di internet juga akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Promosi menarik di media sosial

Ada dua cara promosi yang bisa dilakukan di media sosial, yakni organik (gratis) dan iklan berbayar. Bagi yang masih awam, strategi media sosial organik bisa mulai dicoba. Caranya dengan membuat konten yang menarik dan mengunggahnya di peak hour, atau jam-jam produktif konsumen mengakses media sosial. Penggunaan hashtag pada setiap unggahan juga akan membantu produk lebih mudah ditemukan konsumen.

Membuat website

Selain media sosial, strategi promosi digital marketing juga bisa dilakukan melalui laman website. Karena itu, pastikan dalam website tersebut berisikan detail dari produk UMKM yang Anda pasarkan. Untuk mengoptimalkan strategi digital marketing ini Anda juga disarankan untuk mengaplikasikan teknik SEO dan SEM dalam website. Sehingga produk Anda lebih mudah dicari orang.

Rutin mengirim newsletter

Kedekatan dengan pelanggan bisa dijaga dengan cara mengirimkan newsletter bulanan atau mingguan melalui email. Informasi dalam newsletter tersebut bisa berupa promosi, unggahan blog, maupun produk terbaru.

Buat video menarik

Jangan salah, tampilan visual yang menarik menjadi salah satu alasan pelanggan mengunjungi media sosial kita. Karena itu, dalam strategi digital marketing, pelaku UMKM juga harus manfaatkan video promosi dengan desain yang eye catching namun tetap informatif.

Go digital bersama BRI

Dalam rangka membangun iklim melek digital marketing, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk terus berupaya memberikan dukungan bagi pelaku UMKM. Salah satunya melalui pemberian literasi bisnis dan digital untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM.

Serta dengan terus mengupayakan program “Go Digital”, melalui BRILianpreneur yang mendorong peningkatan daya saing UMKM Indonesia agar bisa menembus pasar internasional. Pendampingan BRI ini dilakukan melalui workshop dan coaching bagi para pelaku UMKM.

Bagaimana, sudah siap untuk Go digital agar produk kita makin dikenal?