MENU
LAPOR HOAX

6 Tips Bugar Saat Perjalanan Mudik ke Luar Kota

29 April 2022

6 Tips Bugar Saat Perjalanan Mudik ke Luar Kota

Kabar BUMN -  Mudik bisa terasa sangat melelahkan, apalagi kalau Anda terjebak macet. Supaya kegiatan mudik Lebaran berjalan lancar. Pastikan selalu menjaga tubuh selalu bugar saat perjalanan mudik.

Mudik Lebaran dan bertemu keluarga besar adalah momen yang sangat menyenangkan. Meskipun begitu, Anda tetap tidak boleh lengah. Sebab mudik Lebaran bisa terasa sangat melelahkan, apalagi kalau Anda terjebak macet selama perjalanan.

Ditambah lagi, arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan sangat ramai. Maka bagi Anda yang akan mudik, disarankan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap bugar selama perjalanan ke luar kota.

Selalu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Dengan begitu, kegiatan silaturahmi dengan seluruh keluarga besar berjalan lancar.

Yuk, simak 6 tips bugar saat perjalanan mudik keluar kota berikut ini:

Istirahat cukup

Apabila Anda menyetir kendaraan pribadi, istirahat dan tidur cukup menjadi tips penting agar tubuh selalu bugar selama perjalanan mudik. Pastikan tidur nyenyak berkualitas minimal 7-8 jam sebelum melakukan perjalanan mudik, agar saat berkendara berjalan lancar dan aman.

Mengonsumsi makanan bergizi

Supaya tubuh selalu sehat dan bugar, pastikan selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sebelum mudik Lebaran. Makanan bergizi akan menjadi “tabungan” energi agar tubuh tetap bugar selama perjalanan panjang dan memakan waktu.

Bawa bekal camilan sehat saat perjalanan mudik. Seperti buah-buahan dan berbagai camilan rendah lemak. Hindari mengonsumsi makanan pedas karena bisa bikin sakit perut di tengah perjalanan.

Banyak minum air mineral

Selain bikin dehidrasi, kurang minum dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Maka dari itu, pastikan untuk tetap banyak minum air mineral agar tetap fokus dan konsentrasi saat berkendara jarak jauh.

Sedia obat-obatan pribadi

Tips selanjutnya membawa obat-obatan pribadi. Seperti obat diare, sakit kepala, obat anti-muntah dan mual, serta obat pribadi lainnya. Jika Anda menyetir, hindari mengonsumsi obat yang menyebabkan kantuk. Karena berisiko menyebabkan kecelakan.

Jangan memaksakan menyetir saat lelah

Perjalanan panjang membuat tubuh mudah lelah dan tidak fokus. Jangan dipaksa menyetir, alangkah lebih baik jika Anda beristirahat sejenak di rest area yang telah disediakan PT Jasa Marga sepanjang ruas tol dan jalur mudik lainnya. Lakukan peregangan agar tubuh tidak kaku, atau tidur sejenak untuk mengisi tenaga sebelum melanjutkan perjalanan mudik. Kalau perlu, buat jadwal menyetir bergantian dengan anggota keluarga lainnya.

Tetap taat protokol kesehatan

Karena masih di tengah pandemi, taat protokol kesehatan adalah hal yang wajib. Selalu gunakan masker, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, serta menghindari tempat-tempat yang terlalu ramai guna meminimalkan risiko penularan virus Corona. Terutama saat sedang beristirahat di rest area.

Itulah beberapa tips menjaga tubuh tetap bugar saat perjalanan mudik ke luar kota. Semoga perjalanan mudik berjalan lancar dan selamat sampai tujuan!