MENU
LAPOR HOAX

Aplikasi Travoy Bikin Mudik Jadi Lebih Comfort and Joy

27 April 2022

Aplikasi Travoy Bikin Mudik Jadi Lebih Comfort and Joy

Kabar BUMN -  Agar perjalanan mudik Lebaran jadi lebih nyaman Anda bisa memantau situasi mudik menggunakan aplikasi Travoy. Aplikasi dari PT Jasa Marga ini akan memberikan banyak informasi, mulai dari tarif tol hingga CCTV.

Kabar baik bagi para pemudik, kini Anda tidak perlu bingung mencari informasi seputar ruas tol dan rest area sepanjang jalur mudik. Pasalnya, aplikasi Travoy (Travel with Comfort and Joy) keluaran PT Jasa Marga Tbk telah merilis tujuh fitur baru yang sangat berguna. Ketujuh fitu baru itu adalah Cek Saldo, Struk Digital, CCTV Real Time, Rest Area, Tarif Tol, Informasi Lalu Lintas Terkini, dan Chat Us.

Aplikasi yang sudah diluncurkan sejak 2019 tersebut memiliki banyak fitur menarik yang bisa membantu kita dalam merencanakan perjalanan mudik Lebaran. Dengan mengunduh aplikasi Travoy, pemudik bisa memperkirakan tarif tol, informasi rute, hingga pelayanan di setiap rest area.

“Setelah melakukan survey kepada user dan pengguna jalan, kebutuhan yang mendominasi adalah informasi mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care serta alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah kami kembangkan dalam tujuh fitur utama di aplikasi Travoy versi 4.0, yang kami targetkan dapat melengkapi aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze," jelas Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru

Tidak kalah menarik, aplikasi Travoy tidak hanya menyediakan informasi terkait ruas tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk saja. Di Travoy Anda juga bisa mengakses informasi dari ruas-ruas tol yang dikelola pihak lain, seperti ruas tol milik Astra Infra, Waskita Toll Road, dan Hutama Karya.

Bahkan dalam pengembangannya Travoy juga sudah diintegrasikan dengan aplikasi keluaran PT Jasa Marga lainnya, yakni JMCARe.

Fitur Aplikasi Travoy

Saat ini Travoy sudah memiliki berbagai fitur yang sangat memudahkan pengguna jalan tol. Berikut beberapa fitur di aplikasi Travoy beserta kegunaanya yang akan sangat membantu perjalanan mudik Lebaran Anda:

  • CCTV: Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.
  • Tarif tol: Membantu para pengendara untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan.
  • Cek Saldo: Mengecek saldo e-Toll dalam ‘sekali tap’, yang saat ini dapat digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash.
  • Struk Digital: Melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku sebagaimana struk yang ada di gerbang tol.
  • Rest Area: Menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir.
  • Informasi Lalu Lintas Terkini: Menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.
  • Chat Us: Menghadirkan layanan customer service yang mudah diakses melalui platform WhatsApp, siap membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.
  • Travpost: Berbagi informasi seputar kejadian atau insiden di jalan tol. Menariknya, info ini bisa diunggah langsung oleh pengguna.
  • SPBU: Menyediakan informasi seputar SPBU terdekat.
  • Yuk Mampir: Berisi informasi seputar kuliner dan tempat wisata terdekat di sekitar jalan tol.
  • Panic Shake: memanggil bantuan saat pengguna jalan tol dalam keadaan berbahaya.
  • Travnews: Melihat informasi terkini mengenai jalan tol dan berita lainnya.
  • Laporan Anda: Fitur untuk menyampaikan kritik dan saran dari para pengguna jalan tol.
  • Derek Online: Memanggil jasa derek di jalan tol secara real time.

“Kami berharap penambahan fitur-fitur baru menjawab kebutuhan pengguna jalan, terutama di saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Kami memahami pengguna jalan akan membutuhkan berbagai informasi lalu lintas yang bergerak sangat dinamis, untuk bisa menentukan rute perjalanan dengan baik. Berbagai informasi yang terintegrasi dalam aplikasi Travoy diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga pengguna jalan akan selalu update dengan kondisi terkini,” ujar Heru.

Saat ini aplikasi Travoy terbaru  sudah bisa diunduh di Play Store untuk sistem operasi Android dan segera bisa diunduh dalam waktu dekat di App Store untuk sistem operasi iOS.