MENU
LAPOR HOAX

5 Rest Area Unik di Tol Trans Jawa

26 April 2022

5 Rest Area Unik di Tol Trans Jawa

Kabar BUMN -  Berkunjung ke rest area ketika mudik melalui Tol Trans Jawa bisa jadi salah satu ide wisata menarik. Berikut ini beberapa rest area di Tol Trans Jawa yang punya konsep unik. Lumayan buat healing sejenak.

Berhenti sejenak di rest area adalah pilihan yang tepat ketika merasa lelah selama perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. Terlebih lagi sepanjang jalur mudik juga telah disiapkan banyak rest area yang bisa Anda kunjungi.

Menariknya, di setiap rest area kita bukan sekadar istirahat, mampir ke rest area juga bisa jadi ide wisata singkat untuk melepas penat. Pasalnya, banyak rest area di ruas Tol Trans Jawa yang mengusung konsep menarik dan unik.

Ragam rest area tersebut dapat dijadikan lokasi untuk melakukan wisata kuliner maupun wisata budaya. Di antara 77 rest area yang ada di Tol Trans Jawa, berikut ini 5 rest area paling menarik untuk disinggahi.

Rest Area KM 97 Tol Cipularang

Selain menawarkan fasilitas yang lengkap dan bersih, rest area satu ini juga jadi incaran untuk wisata kuliner para pemudik. Pasalnya, di sini terdapat beberapa sajian yang dijajakan untuk para pemudik. Umumnya, memang makanan khas Sunda; seperti tahu sumedang, siomay, batagor, tapi ada juga kuliner lainnya yang tak kalah nikmat seperti bubur ayam, bubur kacang, hingga resto makanan cepat saji.

Rest Area KM 456 Tol Semarang-Solo

Salah satu keunggulan Rest Area KM 456 adalah keberadaan sky bridge yang menghubungkan dua rest area di jalur arah Jakarta dan menuju Solo. Selain itu, rest area di Tol Trans Jawa ini juga menyediakan sky deck, di mana pengunjung bisa melihat-lihat Kabupaten Salatiga dari sini. Ketika pertama kali sampai, Anda akan disuguhi dengan arsitektur bangunan Joglo yang berdiri megah pada Rest Area KM 456 ini.

Rest Area KM 360B Tol Batang-Semarang

Rest area Tol Trans Jawa ini merupakan salah satu rest area terbaik karena memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Rest Area Terlengkap. Ada lebih dari 50 fasilitas yang berdiri di rest area ini, mulai dari panggung hiburan, taman, hingga kebun binatang mini ada di sini.

Rest Area KM 260B Tol Pejagan-Pemalang

Rest Area KM 260B dulunya merupakan bekas Pabrik Gula Banjaratma milik Belanda. Di sini Anda dapat menikmati kemegahan bangunan klasik sekaligus melihat-lihat berbagai barang-barang antik khas pabrik gula yang jadul. Misalnya, mesin penggilingan tebu kuno, tungku bekas pabrik gula, hingga lokomotif kuno.

Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi

Masjid Al-Safar merupakan bangunan yang jadi ikon dari rest area Tol Trans Jawa satu ini. Masjid yang didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tersebut memiliki bentuk yang asimetris. Beberapa orang menyebut bahwa desain masjid di Rest Area KM 88 mirip dengan ikat kepala khas masyarakat Sunda.

Itulah rest area yang ada di Tol Trans Jawa dengan desain maupun konsep menarik dan unik. Sempatkan diri untuk mampir jika melewati ruas tol ini, ya!