Filosofi-AKHLAK-Shihab-dan-Shihab-bersama-Erick-Thohir

Erick Thohir Ungkap Filosofi AKHLAK sebagai Nilai Utama di Kementerian BUMN

Kementerian BUMN menganut nilai-nilai organisasi yang kerap disingkat AKHLAK – yang merupakan kependekan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dalam cuplikan percakapan Menteri BUMN Erick Thohir dengan Najwa Shihab dan Quraish Shihab di acara #ShihabnShihab, Erick menjelaskan bahwa ia mendapatkan inspirasi dari nilai AKHLAK ini dari keluarganya sendiri. 

Logo Filosofi AKHLAK untuk BUMN

AKHLAK berperan menjadi pemandu atau jarum kompas yang menunjukkan arah yang benar untuk bersikap dan berperilaku. Tanpa pondasi akhlak yang kuat, pembuatan keputusan akan selalu berujung pada konflik. 

Quraish Shihab turut menyatakan kekagumannya pada nilai AKHLAK yang dibangun menjadi budaya kerja di ekosistem Kementerian BUMN. Menurutnya, AKHLAK yang baik sejatinya lahir dari pembiasaan di setiap diri individu, yang kemudian berujung menjadi budaya kerja. Kompetensi tinggi bukan hanya harus dimiliki oleh pimpinan saja, melainkan hingga pegawai terendah pun harus menjaga kompetensi dalam setiap pekerjaannya.

Misalnya saja, orang yang akhlak-nya kurang baik atau kurang amanah, tentu akan menjadi susah untuk dipercaya. Amanah sendiri lahir dari kata “Aman” dan “Iman”, sehingga orang yang menerima sesuatu tanpa memiliki kompetensi untuk melakukannya, hasilnya tentu juga tidak akan maksimal.  

Karena itu, setiap pegawai Kementerian BUMN harus memegang teguh AKHLAK, yang berlandaskan kepada nilai-nilai, dan kode etik dan kode perilaku. AKHLAK juga menjadi nilai inti (core value) di seluruh BUMN, sehingga dengan adanya standar nilai yang sama antara Kementerian BUMN dan BUMN akan meningkatkan soliditas dan kesamaan fundamental.

Simak percakapan Menteri BUMN Erick Thohir dengan Najwa Shihab dan Quraish Shihab di acara #ShihabnShihab berikut ini.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.