H-5, Total 6496 Atlet Berlaga dalam PON XX Papua 2021

Pesta olahraga bergengsi terbesar tingkat nasional, Pekan Olahraga Nasional atau PON XX akhirnya akan segera digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Meski sempat ditunda karena pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, akhirnya PON akan segera digelar untuk pertama kalinya di wilayah Indonesia bagian Timur. Provinsi Papua sebagai penyelenggara akan menjadi tuan rumah bagi 6.496 atlet dari 34 provinsi di Indonesia yang akan berlaga dalam 37 cabang dan 56 disiplin olahraga dengan 679 nomor pertandingan.

Lokasi penyelenggara PON XX Papua terbagi menjadi empat klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.Upacara pembukaan dan penutupan akan diselenggarakan di lokasi utama, Stadion Lukas Enembe, Jayapura. Open Ceremony PON XX Papua 2021 akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 pukul 20.00 WIT mendatang. 

 
Stadion Lukas Enembe sendiri memiliki kapasitas 40.000 single seats. Stadion yang berdiri di lahan seluas 13,7 hektare ini menjadi salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Pasifik.

Frasa ‘Torang bisa!’ menjadi moto PON XX yang bermakna “kita bisa”. Frasa dalam bahasa Melayu Papua ini merupakan bentuk penyemangat khas Papua. 

Sedangkan ‘Sambut Mentari Baru, Harapan Baru dari Timur’ merupakan pesan utama pada penyelenggaraan PON XX Papua tahun ini. Pesan ini mengandung harapan akan lahirnya atlet-atlet baru berprestasi yang akan memacu percepatan pembangunan infrastruktur yang memadai di Papua. Selain itu, gelaran PON XX Papua diharapkan dapat lebih mengenalkan wisata dan seni budaya Papua, sekaligus meningkatkan taraf sosial ekonomi masyarakat setempat.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.